Kajian Belajar Pengetahuan Deklaratif dan Pengetahuan Prosedural berikut ini.
Belajar Pengetahuan Deklaratif dan
Pengetahuan Prosedural
Proses elaborasi dan organisasi dalam pengetahuan
deklaratif harus ditingkatkan dalam
mengajar. Dimana Elaborasi adalah suatu proses
penambahan pengetahuan yang berhubungan dengan informasi dan organisasi adalah
proses pembagian himpunan informasi menjadi sub – sub himpunan dan penentuan
hubungan antara sub – sub himpunan itu. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk
meningkatkan proses – proses tersebut. Untuk merangsang elaborasi, guru dapat meminta siswa untuk membentuk membentuk
gambaran – gambaran mental, menggunakan analogi – analogi untuk materi
pelajaran yang tidak dikenal oleh siswa dan yang terlalu abstrak. Untuk
merangsang organisasi, guru dapat memebrikan suatu daftar yang berisi garis –
garis besar pelajaran.
Pada
pengetahuan deklaratif, strategi yang digunakan dalam pengajaran adalah
strategi umpan balik. Dimana strategi ini adalah apabila prosedur merupakan
pengenalan pola, maka kesempatan untuk mengklasifikasikan contoh – contoh baru
dari pola hendaknya diberikan. Pada umpan balik tidak hanya memperlihatkan
apakah yang dilakukan siswa itu betul, namun saat jawaban dari siswa itu juga
salah dan itu harus ditunjukan mana jawaban yang betul dan bagian mana yang
salah. Apabila prosedur merupakan urutan aksi, maka hendaknya soal yang
diberikan kepada siswa adalah berupa aplikasi dari prosedur dan hendaknya umpan
balik menunjukkan secara tepat dalam hal apakah aplikasi itu tidak betul
ataupun bagaimana prosedur yang betul diterapkan. Jadi, semua proses belajar
tentang pengetahuan prosedural tergantung pada latihan dan umpan balik.
Kajian Belajar Pengetahuan Deklaratif dan
Pengetahuan Prosedural pada Pendidikan Teknik Elektro
Misalnya
seorang mahasiswa pendidikan teknik elektro ditugaskan untuk membuat suatu
makalah sederhana, maka yang perlu dilakukan mahasiswa tersebut ialah
pertama-tama mahasiswa tersebut perlu untuk menggambarkan pada memory
sematiknya dan pada sumber informasi eksternal seperti artikel dan teks, untuk
pengetahuan deklaratif yang dapat membentuk suatu makalah. Oleh karena itu,
mahasiswa tersebut harus mampu mempergunakan
suatu jaringan deklaratif informasi dan memahami hubungan di antara
elemen-elemennya. Yang kedua, mahasiswa tersebut perlu untuk latihan
keterampilan prosedural, dimana hal ini bertujuan agar mahasiswa tersebut mudah
untuk menangani dan bercermin
melalui teks. Hal ini diperlukan oleh mahasiswa tersebut untuk dapat
mempersiapkan makalah akhir. Oleh karena itu, mahasiswa tersebut harus mampu
melaksanakan keterampilan prosedural sederhana dan kompleks untuk menuju pada
penyelesaian tugas.
0 komentar:
Posting Komentar